Istri Non Sholehah


“Istri Non-Sholehah (Wanita yang sebaiknya tidak dinikahi)”
Wanita adalah hal terindah yang dianugrahkan sang Maha Indah untuk kita kaum adam, wanita adalah ketertarikan utama yang menjerumuskan, harta termewah, perhiasan terindah dan sentehan kedamainan. Bahkan dengan berbagai kemewahan harta dan kenikmatan didalam surga tak mampu mengobati kegalauan dan kegelisan hati Nabi adam As, karna belum adanya suatu sosok yang mampu mengisi dan menghiasi kekosongan didalam hatinya, wanita memang hasrat terbesar bagi lelaki, bahkan Nabi SAW pernah mengatakan “harta terindah adalah wanita sholaehah”. Namun dibalik semua itu wanita bisa saja menjadi fitnah dan ujian yang menjatuhkan, jika cara yang digunakan untuk mendapatkan kepuasan atas hasrat dan hawa nafsu terhadapnya tidak sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunah.
Imam Al Ghazali dalam kitabnya yang mashur  Ihya Ulumuddin memberikan nasehat kepada laki-laki muslim agar menjauhi beberapa tipe wanita.
1.      Al Annanah
Wanita tipe ini adalah tipe wanita yang suka mengeluh dan mengadu, menikahi wanita seperti ini membuat suami sulit mencapai sakinah dalam keluarga, dikarenakan suka mengeluh dan tidak mendatangkan solusi apapun, justru sebaliknya malah membuat menjadi makin runyam dan menguras emosi suami. Sedangkan mengadu sering merusak hubungan baik antar sesama, tidak hanya merusak keharmonisan keluarga namun juga saudara dan masyarakat sekitarnya.

2.      Al Mananah
Tipe ini adalah wanita yang suka mengungkit-ungkit jasa dan kebaikan dirinya, menikahi wanita yang seperti akan membuat seorang laki-laki terhambat dalam menjalankan perannya sebagai imam keluarga, jika ia berbeda pendapat dengan istrinya, sang istri akan mengungkin kebaikan dan jasa-jasanya terlebih lagi jika sang istri memiliki pendapatan yang lebih besar dari suaminya.

Selain itu, mengungkit kebaikan berbahaya bagi kehidupan akhirat karna akan menguras habis bobot dari amal kebaikan itu sendiri bahkan bisa mengugurkan pahalanya, na’uzubillah.

3.      Al Hananah
Adalah wanita yang suka menceritakan dan membangga-banggakan orang di masa lalu, jika ia janda maka dia akan membanding-bandingkan suami dengan mantan suaminya. Jika belum menikah dia akan membangga-banggakan ayah atau bahkan mantan pacarnya, kemudian membandingkannya dengan suaminya

4.      Al haddaqah
Adalah tipe wanita yang dikatagorikan shoppa holic, hasrat belanjanya yang besar akan menguras keuangan suami dengan membeli-beli barang yang sebenarnya tidak berguna, tipe wanita boros yang menguras kantong suami.
5.      Al Barraqah
Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa ada dua makna dari al barraqah. Pertama, wanita yang suka berhias sepanjang hari. Meski demi tampil menawan di depan suami dengan niat ibadah, namun jika berlebihan maka itu tidak dianjurkan oleh syariat. Apalagi sampai mengabaikan kewaiban-kewajiban lainnya sebagai seorang istri seperti masak, mengurus keluarga dan yang lainnya.

Yang kedua, wanita yang malas makan dan suka mengurung diri sendirian, dengan kata lain ia tipe penyedih. Bagaimana keluaga bisa sakinan mawaddah wa rahmah jika istrinya karang senyum dan hanya menampilkan muka sedih dan masam.
6.      Asy Syaddaqah
Ini adalah wanita yang nyinyir dan terlalu banyak bicara, semua hal di komentari dan komentarnyapun bukanlah komentarnya yang baik, hal yang biasa aja dikomentari negatif apalagi sebuah hal keliru maka habis sudah orang itu dilumat dengan kedzoliman mulutnya.

Tidak hanya akan merusak keharmonidan rumah tangga, wanita tipe ini tentu akan merusak tali silaturrhami yang baik dengan tetangga dan masyarakat sekitarnya. Bahkan Rasulallah SAW pernah melarang kita untuk mengatakan sesuatu jika itu tidak mempunyai manfaat.

Semoga tulisan ini bisa menjadi refrensi untuk sahabat saya yang sedang mencari calon bidadari surganya, terlebih untuk diri saya pribadi, semoga kita semua mendapatkan istri yang sholehah, amin.




Penyusun/Penulis, Anas. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Teknologi Pendidikan

Pentingnya Jujur (Bagian I)

Cara Allah Memberi Rezeki